Terjemahan
Misbahul Huda

Bahasa: Catatan Pemikiran Luce Irigaray

Kita harus mendengarkan secara (psiko)analisis pada prosedur penindasan, pada penstrukturan bahasa yang menopang representasinya, memisahkan yang benar dan yang salah, yang bermakna dan tidak sama sekali, dan sebagainya .. Yang dapat dengan ringkas disebut sebagai pengujian operasi tata bahasa pada tiap figur atau diskursus, hukum sintaksis atau syarat-syaratnya, konfigurasi imajinasinya, jaringan metaforanya, dan tentu saja, apa yang tidak terartikulasikan pada tahap pengucapan: ialah kesunyiannya.

Read More »
Terjemahan
Kristoforus J. Sadewa

Ruang-Ruang Lain: Utopia dan Heterotopia

Kehidupan sehari-hari dari seseorang telah ditata, bukan melalui siulan melainkan melalui bunyi lonceng. Semua orang terbangun di saat yang sama, semua orang mulai berangkat bekerja di saat yang sama; makan dilakukan pada tengah hari dan pada pukul lima sore, kemudian tiba waktunya untuk beristirahat, dan pada tengah malam muncul apa yang disebut sebagai bangun tidur marital, saat terdengar dentang dari lonceng gereja, tiap orang pergi menjalankan kewajiban mereka.

Read More »
Refleksi
Felix Bodung

Tuhan Yang Dikenali

Manusia merupakan yang unggul di antara segala entitas. Namun saat bertemu dengan alam, ia merasa rentan karena alam tidak dapat ditaklukkan.

Read More »
Refleksi
Yogi Timor Ardani

Universalitas HAM

HAM dengan paradigmanya yang begitu luas dan mendalam tidak hanya disajikan sebagai diskursus yang bersifat deskriptif. Ia harus berani tanggap secara praktis, sebagai anima rationa’ sesungguhnya yang memiliki tingkatan kesadaran yang tinggi akan krisis yang terjadi.

Read More »
Kajian Tokoh
Ricky Setya Prayoga

Platon dan Sokrates

Bayangan dalam cermin adalah yang tidak nyata. ‘Sang kucing’ adalah pengetahuan. Kucing-kucing partikular lain, adalah opini.

Read More »
Refleksi
Reza Taufiq

Perjuangan Kebenaran a la Mahatma Gandhi

Melihat perjuangan Gandhi lebih dalam lagi, kita akan menemukan banyak pelajaran, baik tentang pentingnya satyagraha dalam perjuangan – yang tak lain dari proses perjuangan kebenaran berdasar cinta – serta moralitas yang harus selalu menemani dalam proses manusia dalam perjuanganannya.

Read More »
Pranala
Dika Sri Pandanari

Paranoia atas Pengetahuan

Walau banyak kepastian dan bukti yang telah kutemukan dalam rasioku, aku tidak dapat yakin bahwa seluruh dunia dapat menerima dan memahaminya.

Read More »
×
×

Cart