EX PHILSOPHIA CLARITAS

Dari filsafat muncul kejernihan

Platon dan Sokrates

Bayangan dalam cermin adalah yang tidak nyata. ‘Sang kucing’ adalah pengetahuan. Kucing-kucing partikular lain, adalah opini.

Read More

Perjuangan Kebenaran a la Mahatma Gandhi

Melihat perjuangan Gandhi lebih dalam lagi, kita akan menemukan banyak pelajaran, baik tentang pentingnya satyagraha dalam perjuangan – yang tak lain dari proses perjuangan kebenaran berdasar cinta – serta moralitas yang harus selalu menemani dalam proses manusia dalam perjuanganannya.

Read More

Paranoia atas Pengetahuan

Walau banyak kepastian dan bukti yang telah kutemukan dalam rasioku, aku tidak dapat yakin bahwa seluruh dunia dapat menerima dan memahaminya.

Read More

Struktur Logis Dunia (Kita)

Apa yang menjadi dasar pikiran dalam TLP ialah bahwa bahasa pada dasarnya memiliki struktur logis (underlying logical structure), suatu pemahaman yang menunjukkan batas dari apa yang dapat dikatakan secara jelas dan bermakna.

Read More

Benturan Utilitarianisme dan HAM

Seorang utilitarian tidak dapat menerapkan konsepsinya jika tidak memilih salah satu dari pilihan untuk dinegasikan karena utilitarian tidak mengenal jalan tengah yang konsekuensinya tidak dapat ditimban secara logis.

Read More

Relevansi Kebodohan

Di perempat bulan ke lima, seorang tuan penggilingan zaitun hendak mengadakan pesta bagi sahabat dan orang-orang pilihannya. Undangan disiarkan melalui perbincangan dari tiap kepala pedagang,

Read More

Tentang Kesia-Siaan

Bagaimana bisa, manusia hidup dengan menjalani sebuah tindakan berulang-ulang? Hidup dalam repetisi tiada akhir? Adakah rasa jengah atas keadaan, justru menjadi landasan Sisifus melakukan tindakannya?

Read More

Manusia dalam War Comedy

Makna manusia tidak akan terhapus oleh koersifitas apapun. Justru sebaliknya makna manusia dapat hilang apabila kita gagal membaca dan merepresentasikan nilai manusia dalam diri orang lain, para Liyan

Read More

Percakapan

Freud yakin bahwa tuhan para manusia merupakan tuhan yang diciptakan berdasarkan kepentingan manusia sendiri

Read More

Ikuti kami melalui surel anda

Close Menu