Loading Events

« All Events

  • This event has passed.

Kajian Estetika: Candra Jiwa Indonesia dan Estetika Representasional

October 9 @ 7:00 pm - 9:00 pm

Poster Estetika Candra Jiwa Indonesia

Realisme subjektif dalam seni lukis telah bertahan selama beberapa abad sebelum para pelukis Prancis dan Amerika menemukan kebaruan dalam gerakan impresionis. Melalui aliran tersebut para pelukis seperti Renoir, Monet, Manet (di Prancis) serta Cassat, Whistler, dan Sargent (di Amerika) memutuskan untuk meninggalkan representasi forma. Bagi para seniman representatif-akhir ini, pencarian realitas terletak pada bentuk yang ditunjukkan dari jatuhnya cahaya pada suatu subjek. Pada tahap selanjutnya para pelukis yang juga disebut sebagai Light Hunters tersebut menurunkan semangat pembaharuan kepada berbagai pelukis dari generasi berikutnya hingga kemudian melahirkan aliran ekspresionisme.

Ekspresionisme awal atau yang disebut sebagai post-impresionis melanjutkan metode impresionis dengan menambahkan porsi subjektivitas yang lebih besar dibanding sebelumnya. Melalui usaha tersebut lahirlah aliran-aliran lain seperti pointilisme, abstrak, dadaisme, kubisme, popart dan lain sebagainya. Perkembangan ini diramalkan oleh Lautrec sebagai dekadensi kesenian, sementara Hitler menyebutnya sebagai degenerasi kebudayaan. Dekadensi ini merujuk pada revolusi drastis seni representatif ke non-representatif.

Melalui revolusi kesenian tersebut muncul pertanyaan: Apa latar belakang dari perubahan tersebut? Mengapa perubahan tersebut disebut sebagai dekadensi? Apa peran kejiwaan manusia dalam putusan estetis? Kondisi jiwa apa yang terangkai dalam diri manusia selama perubahan tersebut? Kajian ini mencoba mencari penjelasan mengenai bagaimana suatu putusan estetis diambil melalui skema indigenous psychology yang disebut Candra Jiwa Indonesia. CJI disusun dalam sebuah disertasi pada tahun 1957 oleh Soemantri Hardjoprakoso, salah seorang pendiri dan ketua pertama Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran. CJI memuat anatomi kesadaran, perasaan, dan dorongan-dorongan yang terkandung di dalam kesatuan struktur jiwa manusia. Pada skema tersebut pula tersusun mekanisme jiwa yang berperan dalam pemilihan putusan materialis, spiritual, dan etis.

Details

Date:
October 9
Time:
7:00 pm - 9:00 pm
Event Category:
Event Tags:
, ,

Organizer

LSF Discourse
Phone:
081235073935
Email:
lsfdiscourse@gmail.com
Website:
https://lsfdiscourse.org

Leave a Comments

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.