fbpx
Loading Events

« All Events

  • This event has passed.

Logika dan Filsafat: Dapatkah Logika Menyelesaikan Permasalahan Filsafat

January 25 @ 7:00 pm - 9:00 pm

Apa artinya menjadi logis dan filosofis? Apakah keduanya saling mensyaratkan? Relasi antara logika dan filsafat seringkali diartikan ke dalam dua hubungan.

Pertama, untuk menjadi filosofis seseorang mesti berpikir logis. Dalam pengertian tersebut, problem filsafat dapat diatasi dengan logika. Kedua, logika dan filsafat berelasi secara longgar. Dalam arti bahwa ada masalah filosofis yang sulit digapai oleh logika sendiri.

Dalam logika Aristotelian terdapat aturan yang disebut sebagai silogisme. Jika kita tahu satu kebenaran umum dan satu kebenaran partikular yang saling berhubungan, maka kita dapat mengetahui kebenaran baru dari keduanya. Kita dengan mudah menyimpulkan suatu kebenaran baru tersebut melalui proses deduksi. Namun, apa persisnya yang terjadi dalam penyimpulan logis serta masalah-masalah yang muncul, tidak dapat dipahami secara langsung. Selanjutnya logika modern hadir dengan metode yang rigid untuk memberikan solusi dan aturan-aturan baru dalam memahami proses pengolahan berbagai permasalahan filsafat.

Details

Date:
January 25
Time:
7:00 pm - 9:00 pm
Event Category:
Event Tags:
, ,
View Event Website

Organizer

LSF Discourse
Phone:
081235073935
Email:
lsfdiscourse@gmail.com
View Organizer Website

Leave a Comments

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.