fbpx

Tag: Ontologi

Yang Tak Terhitung: Alain Badiou dan Matematika

Ada kesesuaian antara sebuah himpunan dan sebuah harapan. Keduanya mengandung elemen-elemen dan mengandung sesuatu yang tak terhitung. Mengacu pada aksioma himpunan pangkat, yang semula tak terhitung tadi dicoba untuk dihadirkan, meskipun penghadiran tersebut hanya dalam bentuk representasi.

Odiseus

Ialah pertemuan antar ‘wajah-wajah’ Liyan yang menyebabkan manusia terbukti hadir di dunia. Bagi Levinas, pertemuan wajah menimbulkan banyak relevansi dan permasalahan baru seperti lahirnya tanggung jawab, masyarakat, dan paradigma subjektif. Namun sebagaimana Odiseus yang nyaris hilang dalam kutuk perjalanan panjang, setidaknya ontologi barat telah kembali pulang dalam tanah air wilayah metafisika akal budi praktis.

Manusia Sebagai Dasein Menurut Martin Heidegger

Sekilas Tentang Martin Heidegger Martin Heidegger adalah salah satu filsuf Jerman yang sangat terkenal. Membaca Heidegger tidaklah mudah, karena dalam tulisannya Heidegger banyak menggunakan istilah baru yang ia ciptakan sendiri.

Kontingensi Alam Semesta: Sebuah Pengantar Kosmologi

Dimanakah kita? Apa yang mengelilingi keberadaan manusia dan seisinya? Dimanakah letak bumi? Apa sifat dari realitas? Lantas, manusia berada pada ruang yang seperti apa? Sederet pertanyaan tersebut telah hadir sejak