fbpx

Archive

PK: Agama, Tuhan, dan Masyarakat

Agama dapat mengintegrasikan, tetapi sekaligus juga bisa menjadi sumbu konflik bila ajaran dan aturan-aturan di dalamnya tidak dipahami dan dipraktekkan dengan baik.

Nietzsche

Bangsa Indonesia menurut Friedrich Nietzsche

Bangsa Indonesia bukanlah bangsa seperti halnya peradaban Yunani kuno yang berdiri di atas nilai-nilainya sendiri, melainkan hanyalah salah satu dari banyak bangsa yang tidak berbeda dengan banyak bangsa lainnya yang Nietzsche sebut sebagai bangsa yang mengalami kemunduran.

Merefleksikan Cinta dan Perselingkuhan

Cinta adalah petualangan yang keras kepala, bukan dalam arti saling egois, melainkan upaya untuk benar-benar meneguhkan hati—menolak segala macam godaan—demi bersama orang yang dicintai.

Bronislaw Malinowski

Babi Ngepet dan Bias Kognitif

Ada kecenderungan manusia untuk langsung terburu-buru melompat dan menetapkan suatu kesimpulan, padahal bukti-bukti yang lain sebagai pendukung saja masih sangat terbatas dan masih belum lengkap sepenuhnya.

Hermeneutika dan Tafsir: Sebuah Proses Pemahaman

Keragaman yang ada dalam kehidupan manusia sudah tentu membuat mereka tidak akan pernah bisa sampai pada satu tujuan, sehingga perlu satu alat perilaku yang mesti dipergunakan manusia untuk menjembatani perbedaan antara satu sama lain. Alat perilaku tersebut disebut dengan pemahaman.